Tuesday 2 April 2013

Kemiringan Puli CVT, Pengaruhi Akselerasi

Banyak yang main bubut puli CVT. Seperti mengubah derajat kemiringan puli. Katanya mempu mempengaruhi akselerasi? Agar tidak salah kaprah harus diikuti penyesuain part lain.

13,5º - 14,5º
Di pasaran banyak beredar puli atau rumah roller dengan kemiringan berbeda. Mulai dari 13º hingga 14,5º. “Derajat kecil membuat akselerasi lebih cepat. Derajat besar, untuk kejar top speed,” bilang Benny Rachmawan, Product Development Mitra2000, produsen TDR.
Namun hati-hati. Misalnya di Mio. “Ketika pakai 13,5º, v-belt cepat rusak. Soalnya kemiringan belt standar Mio 14º,” sebut Kentar dari Hariot’s feat KeySpeed, Bandung, Jawa Barat.

Tapi, kalau pakai puli 14,5º, belt bisa pakai milik Fino. Namun selain belt, part lain yang kudu disesuaikan pastinya puli terluar rumah roller atau disebut puli kipas. Derajat kemiringannya kudu sama layaknya puli roller.

ALUR ROLLER
Menurut Miekeel Tjahjanto, bisa juga tempuh cara lain buat atur akselerasi. Efeknya lebih bagus ketimbang bermain kemiringan puli. “Bisa tetap pakai puli standar Mio atau Nouvo yang 5LW. Tapi, alur roller di puli dipapas atau dicoak,” sahut pemilik MC Racing di Jl. Kebon Jeruk IX, No. 20C, Jakarta Barat. 
Setelah itu, penutup roller juga diganti pakai part dari Yamaha Fino lama yang berkode 4DO. Karena punya bagian ujung lebih ke atas. “Kombinasi ini bikin roller bisa naik lebih tinggi lagi,” tutupnya. Jadi, tidak merusak belt. Namun top speed tetap dapat.

7 komentar:

Unknown said...

Agan permisi numpang curhat
Mio saya pakek big pulley, tapi putaran atasnya kok ndadak anjlok yah. Putaran bawah sih tenaganya keluar fuell pas mulai nyampek rpm atas kok ndadak anjlok gak mau jalan lagi motornya. Sudah pakek bore up & stroke up. Mohon minta solusinya gan

Son_ambarita said...

maaf gan mau nanya nih, motor saya yamaha mio soul 2008, saya rencananya mau bubut pully primary nya tuh, tapi saya blm tau batas bubut nya yang paling kecil berapa dan kalau seandainya mau memperbesar derajat kemiring nya juga batasnya berapa derajat gan ?
thank you

Unknown said...

Mau tanya gan. Utk puli kipas nya apa harus kemiringannya d buat sama dengan puli roller?

Unknown said...

Mau tanya gan. Utk puli kipas nya apa harus kemiringannya d buat sama dengan puli roller?

Unknown said...

Kalau untuk Vario yg cocok buat harian pake brapa Drajat om

Unknown said...

14,5 derajat pake per cvt 1500 rpm
Beat fi saya pake itu gan roller pake 6 gram rata lurusan sampe minta terbang"

Go Blog said...

Gan mau tanya ....kenapa vario 150 saya ...lemot banget.masa kalah sama motor supra fit yg tembus 120 kpj.sudah gitu boros pula...
Ngak sesuai iklan nya 1 liter sampe 55 km...fakta nya 38 sd 42 km perliter.
Rutin servis ke ahass dan kilometer baru 8 ribu...

Post a Comment