Tuesday 5 March 2013

Kereta Gantung Tua, Transportasi Unik di Jerman

Jerman, sebuah negara di Eropa yang menjadi tujuan banyak pelajar dan wisatawan Indonesia. Negara ini adalah negara yang maju dalam banyak bidang, seperti teknologi dan sciencenya. Jerman juga merupakan negara yang ramah dengan wisawatan dan penduduknya. Di Jerman, trasnportasi umumnya dikenal sangat bertanggung jawab terhadap kenyamanan para penumpang, terutama penyandang cacat dan lansia. Bahkan, katanya, sopir transportasi umum di Jerman tak segan-segan menunggu penumpangnya hingga memperoleh taxi saat sudah larut dan tahu tidak ada lagi bus lanjutan yang beroperasi.

Ada yang unik dari transportasi di sebuah kota kecil di Jerman, yaitu di Wuppertal. Sebuah kereta gantung menjadi salah satu transportasi utama yang digunakan penduduk Wuppertal ini. Kereta gantung atau kereta mengambang ini dinamakan Schwebebahn Wuppertaler. Kereta ini berbentuk seperti kereta api namun dengan gerbong yang lebih sedikit dan tergantung di atas relnya. Seperti naik kereta gantung di tempat-tempat wisata namun kali ini lebih besar dan lebih massive sifatnya.
 
Kereta gantung ini juga merupakan kereta yang memiliki cerita dan sejarah panjang, beroperasi sejak tahun 1900 membuat kereta gantung ini menjadi kereta gantung paling tua di dunia. Ternyata, sejak abad 19 awal pun orang Jerman sudah membuat transportasi dengan gaya futuristic dan unik semacam ini. Pembuatan kereta gantung ini sebenarnya sudah dimulai sejak 1898 dan mulai digunakan pada tahun 1900. Seiring perkembangannya, kereta gantung Schwebebahn Wuppertaler benar-benar menjadi moda transportasi missal di Wuppertal pada tahun 1903-an.
kereta gantung 1903
Keberadaan kereta gantung Schwebebahn Wuppertaler bukan tanpa alasan. Berbeda dengan kondisi geografis seperti di kota lain di Jerman, Wuppertal adalah kota kecil yang masih dikelilingi perbukitan, area sawah yang hijau, sungai yang panjang, dan juga kondisi tanah yang berair. Hal tersebut tentunya menyulitkan untuk dibangun kereta alternatif bawah tanah seperti di kota lain. Subway-subway tersebut yang tidak memungkinkan dibangun di Wuppertal membuat pemerintah memutar otak mencari jalur transportasi massal lain yang tak kalah mudahnya.
Jika anda datang ke Jerman, coba menyempatkan diri menuju Kota Wuppertal. Anda akan mendapati kondisi jalan-jalan yang sempit dan padat namun berliku dan tidak datar, ada yang menanjak, turun, dan juga berkelok. Agar lebih mudah dilalui dan tidak mengganggu sistem transportasi lainnya, Schwebebahn Wuppertaler inilah solusinya. Menggantung di atas rel dan berlari dengan kecepatan 60 km per jam dengan lintasan sebagian besar adalah sungai.
Schwebebahn Wuppertaler ini akan membawa anda sejauh 13,3 km kurang lebih dengan waktu tempuh sekitar 30 hingga 45 menit. Ada 20 terminal pemberhentian yang akan anda singgahi setiap 700 meter berjalan. Bagaimana rasanya? Tentu saja seperti naik kereta gantung yang sesekali terbawa angin hingga bergoyang kesana-kemari. Tapi tentunya, Schwebebahn Wuppertaler ini transportasi yang layak dicoba terutama bagi anda wisatawan. Dari atas sini, gambaran kota Wuppertal akan terlihat lebih mudah ditambah memang pemandangan Wuppertal yang masih alami menjadi salah satu kenikmatan tersendiri.
 
Ada 2 jalur yang disediakan, yaitu W – Vohwinkel dan juga W – Oberbarmen. Tak perlu bingung bagaimana anda harus melewati rutenya, karena disediakan situs resmi Schwebebahn Wuppertaler ini di www.vrr.de  yang juga menampilkan harga tiket lengkap berikut dengan informasi lainnya. Jika tak ingin repot, di setiap loket pun akan diberikan informasi mengenai rute yang akan anda tempuh di masing-masing jalur.
Ada satu kereta yang unik, yaitu Kaiser Wagen atau Kereta Kaisar yang masih beroperasi dari awal kereta gantung ini diresmikan hingga saat ini,. Kereta tua ini masih berbentuk sangat klasik dan kuno. Kereta ini adalah kereta yang digunakan oleh William II, kaisar Jerman pada tahun 1900. Kereta ini memiliki cirri khusus lain selain bentuknya yang kuno, yaitu suaranya yang berbeda, belum halus seperti kereta modern lainnya.
Kaiser Wagen
Kereta Schwebebahn Wuppertaler saat ini bukan hanya menjadi trasnportasi publik masyarakat Wuppertal, tapi juga sebagai transportasi para wisatawan yang mengunjungi kota ini. Bukan hanya keunikan bentuknya saja, tapi juga cerita dan sejarah unik yang bisa anda dapatkan. Penuh dengan cerita mulai dari bagaimana mereka tetap beroperasi di masa Perang Dunia I, hancur total di masa Perang dunia II, hingga bangkit lagi dan insiden lucu lain seperti seekor anak gajah miliki sirkus yang mengamuk di dalam kereta ini dan lalu menjatuhkan diri ke sungai tapi tetap selamat. Semuanya bisa anda coba, dengan tarif sekitar 1,82 Euro. Kereta ini mampu mengangkut 75.000 orang setiap harinya dan memiliki masa perawatan secara periodic untuk keamanan.
 

1 komentar:

Unknown said...

sama sama gan..

Post a Comment