Monday 29 April 2013

sejarah kota industri cikarang

Awal mulanye berdirinye kawasan industri Cikarang adalah semenjak dilakukannye pembebasan tanah waktu tahun 1989 di wilayah tersebut.Meski tanah di wilayah tersebut udeh dibebasin, tapi baru pada tahun 1992 wilayah ini dikembangin dengan serius oleh para developer. 
Dengan perencanaan yang mateng, maka di rubah deh tuh lahan kosong jadi salah satu kawasan industri di wilayah Jakarta Timur. Pelan tapi pasti pembangunan gedung-gedung industri dibangun di wilayah ini. Target yang bakal di capai adalah ngejadi;in salah satu sarana atau tempat yang cukup strategis dalem ngejalanin bisnis.
Dalem master plan, komposisi antara perumahan sama industri atau komersial adalah 60:40 atau bahkan 70:30 dimane 70 persen adalah buat residensial dan 30 persen buat industri. buat menggenjot pengembangan kota, pihak pengembang kawasan Cikarang ini ngegalakkin pembangunan infrastruktur yang memadai sehingga wilayah ini akan selalu ‘dilirik’ bagi para pebisnis yang lagi ngejalanin usahanye.
Meski target utama adalah ngejadi;in lahan ini buat kawasan industri, tapi pihak developer terus ngelengkapin kawasan ini dengan ngediri;in beberape hunian yang didesain sedemikian rupa sehingga tetep negesen bahwasanye wilayah Cikarang merupakan wilayah industri yang lengkap dengan aneka macem kebutuhan kalangan masyarakat. Karena pengen konsisten ngejadi;in wilayah Cikarang sebagai wilayah industri, maka hampir semua kebutuhan yang terkait dengan dunia industri akan bisa ditemuin di wilayah ini. Bahkan boleh dibilang, wilayah ini bisa dijadi:in sebagai primadona bagi mereka yang bergelut di bidang industri. 
Hal ini terlihat dari pabrik-pabrik besar yang berdiri di wilayah tersebut. Kehadiran industrial Park seperti Jababeka, Kota Deltamas, termasuk Lippo Cikarang ini, tentunye ngegambarin bahwa wilayah Timur Jakarta dari hari ke hari terus berkembang dengan pesat.
gak hanya masalah hunian rumah yang dikembangin di wilayah ini, fasilitas-fasilitas lain yang juga menunjang terciptanye Cikarang sebagai wilayah yang cukup lengkap adalah di bangunye beberape fasilitas laen seperti rumah sakit, mall, sekolah, tempat wisata serta beberapa fasilitas pendukung lain yang tentunye akan jadi penunjang wilayah ini menjadikan Cikarang sebagai salah satu wilayah yang cukup strategis buat melakukan bisnis, khususnye dalam dunia industri.
Perpaduan antara kota industri dan tempat hunian ini sepertinye sengaja diciptain agar kesan bahwa wilayah ini tetep ngutamain kepentingan keluarga yang di dukung dengan basis ekonomi yang kuat bisa tercover dengan baik. Karena begitu banyak peluang bisnis industri yang tercover di wilayah Cikarang, membuat wilayah ini mirip dengan Jurong di Singapura, Shah Alam di Malaysia, setidaknye itulah yang pengen dicapai oleh pihak developer yang ngebangun wilayah Cikarang ini, dimane dalam satu kota dapet menampung ratusan ribu orang yang bekerja di kawasan industri Lippo Cikarang dan kawasan lainnye yakni Jababeka, Deltamas, dsb.
Meski atmosfir di wilayah Cikarang cenderung panas, karena banyak di bangun pabrik-pabrik, tapi dalem hal penataan kota, Cikarang diciptain senyaman mungkin, hal ini terlihat dari pembangunan-pembangunan jalan yang di bangun di wilayah ini. Seperti, jalan utama (main road) dibikin dua arah. Badan jalan dibuat lebar-lebar, demikian pula konsep rumah-rumah dibuat bangunan rumah kecil tetapi dengan jalan yang lebar. Hal ini sengaja dilakukin buat memberikan kesan psikologis yang nyaman bagi masyarakat pada umum, dan khususnya bagi warga yang tinggal di lingkungan perumahan Cikarang.

0 komentar:

Post a Comment