Friday 12 April 2013

Nih kalo di bekasi ada pahlawan

Kenape nama jalan yang ada di sepanjang kalimalang bekasi dinamain jalan haji noer Ali? Trnyata daerah Bekasi, pada umumnya Jawa Barat dari daerah Karawang, Cikarang, sampai Bekasi sama Jatinegara punya kisah pahlawanan juga.
Namanye Kyai Haji Noer Ali, lahir tahun 1914 di Bekasi, besar dengan didikan agama Islam, sampe berumur 20an tahun, kyai Haji Noer Ali ngerantau di Mekkah buat belajar lebih dalem lagi tentang agama Islam. Denger klo di desanya lagi di jajah, Kyai Haji Noer Ali pulang ke Tanah Air pas umur sekitar 25an tahun di tahun 1939 dan mulai berjuang untuk Bekasi dan sekitarnya.
waktu tanggal 29 November 1945 pecah perang sengit antara pasukan Noer Ali ngelawan Sekutu-Inggris di Pondok Ungu, dalem perang ini pasukan rakyat Noer Ali kedesak mundur. Perang nih dikenal dengan nama Pertempuran Sasak Kapuk.
Tahun 1947 Kyai Haji Noer Ali ama lima orang Temenye hijrah ke Jogjakarta buat ngebantu perjuangan disono. akhirnye Kyai Haji Noer Ali diperintahin buat bergerilya di Jawa Barat dengan ngga nge gunain nama TNI.
Kemudian di suatu waktu Kyai Haji Noer Ali ngebuat suatu siasat buat ngobarin semangat perjuangan dengan cara nancepin ribuan bendera merah putih ukuran kecil yang dibuat dari kertas minyak di pohonan ama rumah penduduk. nih die yang nyebabin musuh marah ama ngebunuh banyak warga sekitar Rawa Gede. Tapi malahan nih justru ngobarin semangat rakyat dalam ngelawan penjajah.
Tahun 1948 waktu Kyai Haji Noer Ali umur 34an, Kyai Haji Noer Ali Balik lagi ke Jatinegara, tapi karena ada Perjanjian Renville mau ga mau ngeharusin tentara Indonesia yanag ada di Jawa Barat buat pindah ke Jawa Tengah sama Banten, jadi Kyai Haji Noer Ali mutusin buat berjuang di Banten.

Kemudian setelah perlawanan berlanjut ke bentuk diplomatis dibanding perang senjata, sampe pada tanggal 17 Februari 1950 dalam Revolusi Rapat Raksasa di Alun-alun Bekasi, Kyai Haji Noer Ali ama rakyat Bekasi dan Cikarang ngedeklarasiin
  1. Penyerahan kekuasaan seluruh Jawa Barat kepada Republik Indonesia.
  2. Mengusulkan kepada Pemerintah Pusat agar kabupaten Jatinegara diubah menjadi Kabupaten Bekasi, yang kemudian dimasukkan ke dalam wilayah Provinsi Jawa Barat.
Selanjutnya waktu Kyai Haji Noer Ali udah berumur 42an, perjuangannye dilanjutin lewat jalur pendidikan dengan nyebarin ilmu agama di pesantrennye (At- Taqwa) yang berpusat di Kampung Ujung Harapan, Babelan, Kabupaten Bekasi. 
K.H. Noer Alie, K.H. Sholeh Iskandar, dan Mohammad Natsir

catetan :
- Di radio Pemberontak, bung Tomo beberapa kali nyebut Noer Ali dengan sebutan Kyai Haji Noer Ali, akhirnye beliau dikenal dengan nama Kyai Haji Noer Ali
- Karena malang melintang antara Karawang – Bekasi dan keberaniannye nyerang pos-pos Belanda, beliau dijuluki Singa Bekasi, ada juga yang nyebutnye Singa Karawang-Bekasi dan karena susahnye ditangkap, beliau juga dijuluki Belut Putih.
- Tahun 2006 pemerintah RI menganugerahi gelar Pahlawan Nasional dan Bintang Maha Putra Adipradana.
- Namanye dijadiin sebagai nama jalan di sepanjang Kalimalang menuju Jakarta;  Jalan K.H Noer Ali (Babelan – Bintara Jaya – Jakasampurna – Kayuringin Jaya)
Jatinegara tahun 1955
Prajurit jaman dulu


0 komentar:

Post a Comment