Pernah enggak merasakan kopling ngelos? Tapi, ini ngelos yang
lain. Tepatnya saat kick starter digenjot enteng alias hilang seperti
nggak ngengkol. Ditekan kaki sampai gempor, motor ndak bakalan hidup.
Kejadian
ini ulah kampas kopling. Kalau kampas kopling sudah aus, gejala seperti
itu bakal muncul. Tapi, pastinya itu bukan satu-satunya. Makanya jangan
kaget kalau sudah ganti kampas, kick starter masih tetap ngelos. Pasti
ada sebab lain.
Untuk jenis motor sport atau modifikasi kopling
manual, bisa disebabkan setelan tidak pas. Misal setelan terlalu rapat
sehingga kopling terus menekan.
Sudah pasti susah distarter.
Makanya kalau setel kopling mesti cari paling ideal. Bukan cuma ngejar
tuas enteng. Tapi, rasakan di gigi. Kalau susah masuk, itu belum
maksimal.
Sedangkan untuk jenis bebek yang pakai kopling
otomatis, gejala itu bisa disebabkan karena kopling otomatis. Kalau tiga
per sentrifugal sudah lembek, bisa juga jadi penyebab. Perhatikan juga
mangkok kopling otomatis. Jika tergores, juga bisa menyebabkan kopling
otomatis nggak bekerja maksimal.
Dan yang perlu diingat saat
pengecekan atau ganti komponen jika sudah uas (terkikis), baiknya selalu
gunakan part OEM. Memang sih agak mahal, tapi kualitasnya terjamin juga
lebih tahan lama pakai dan enggak sering bongkar pasang.
0 komentar:
Post a Comment