Untuk urusan dongkrak performa mesin 4-tak,
kem selalu jadi bagian terpenting yang enggak luput dari jarahan para
tuner. Terutama tinggi angkatan klep atau lift klep, juga profil
bumbungan kem yang sangat berpengaruh terhadap performa mesin. Apalagi
ketika kita ingin meningkatkan performa mesin Honda Blade.
Memang sih, di pasaran banyak kem mentahan atau produk aftermarket yang special banget untuk Honda Blade. Bahkan ada pula yang bolt on atau tinggal pasang. Cuma tinggal seting spuyer, motor bisa langsung digeber.
Hanya, kalau tanya beberapa mekanik soal daya tahan,
materialnya kebanyakan kurang kuat juga enggak tahan lama. “Bahkan yang
menggunakan tambalan las juga kurang sip dan susah membentuk profilnya,”
terang Angki Heri Setyawan, mekanik bengkel Pro Tuner Bali.
Untung
arek Surabaya ini punya solusi cerdas. Waktu lihat kem merek Kawahara
K2 untuk Honda BeAT, profil kem cukup tinggi dengan konstruksi hampir
sama. “Sehingga profil kem masih bisa dimodifikasi dan sedikit lakukan
penyesuaian sebelum dipasang,” wanti Angki.
Jika disejajarkan,
antara kem Kawahara K2 dengan Blade orisinal cuma beda diameter dudukan
bearing. Punya Blade berdiameter 20 mm. Sedang Kawahara K2 milik BeAT
yang dijual seharga Rp 350 ribu, memiliki diameter 15 mm dengan panjang
dimensi hampir sama.
Lantaran dudukan laher kem Kawahara BeAT
lebih kecil, makanya mesti bikin cincin diameter luar 20 mm dan diameter
dalam 15,1 mm dengan tebal 9,1 mm. Cukup pakai besi dan bisa dibuat di
tukang bubut kok.
Jika sudah bikin cincin, kini tinggal pasang
part itu ke kem Kawahara BeAT. Itu, sekaligus pasang bearing-nya juga
ya. “Oh, iya. Jika ingin dongkrak performa, kem Kawahara BeAT
disesuaikan dulu profil dan lift-nya. Tapi, langkah ini hanya
direkomendasikan buat untuk Blade yang masih pakai klep standart ya,”
pesan pria di Jl. Mertasari No. 98, Suwung Kangin, Denpasar, Bali.
0 komentar:
Post a Comment