Friday 25 October 2013

Blokir User Dengan DHCP Mikrotik

Blokir User Dengan DHCP Mikrotik

Blokir user dengan DHCP Mikrotik, dalam arti user yang menggunakan ip statik tidak dapat menggunakan koneksi internet kita. Hanya yang mendapatkan IP address melalui DHCP Server mikrotik kita yang bisa menggunakan koneksi internet, alias yang dapat ipnya secara otomatis.
Saya anggap DHCP Server dalam mikrotik router Anda sudah berjalan baik.

Lanjut Cara Blokir User Dengan Mikrotik

Pertama, kita hanya merubah settingan yang sudah ada. Masuk menu IP > DHCP Server klik 2x pada DHCP server Anda. Centang “Add ARP For Lease”

Kedua, kita masuk ke menu “Interfaces” klik 2x pada interface lokal Anda atau interface dimana Anda aplikasikan DHCP Server. Ganti option “ARP” menjadi “reply-only
Pengertian ARP adalah sebuah protokol dalam TCP/IP yang bertanggung jawab dalam melakukan resolusi alamat IP ke dalam alamat Media Access Control (MAC Address). Jadi Client yang tidak masuk dalam ARP List di mikrotik tidak bisa akses jaringan internet.

DONE ! Sekarang Anda coba menggunakan IP Statik pada komputer anda, koneksi ke router tidak akan berjalan kecuali jika anda menggunakan “Obtain an IP Address Automaticaly” alias DHCP pada interfaces/ethernet komputer Anda.

0 komentar:

Post a Comment