Thursday 18 April 2013

Ruang Henti Khusus Sepeda Motor, emang udah Efektif?

Per4an MM Bekasi
Perhatian-perhatian, para pengemudi yang terhormat, selamat datang di area RHK. RHK adalah ruang berhenti khusus sepeda motor, agar lebih aman dan tertib. Kendaraan roda empat atau lebih, berhentilah di belakang area merah ruang henti khusus, terima kasih," itu die rekaman suara yang selalu gw denger dari pengeras suara di per4an Bekasi Cyber Park.

Yups, RHK ntuh marka jalan yang dibuat di deket lampu merah (traffic light), sedikit di belakang zebra cross. Biasanye dikasih warna dasar merah sama dikasih tanda atau gambar sepeda motor warna putih.

RHK ntuh fasilitas buat sepeda motor buat berhenti di per4an selama lampu merah nyala. Selaen Bekasi, kota-kota yang juga ngebuat RHK antara lain Bandung, Bogor, sama Tangerang.

Tujuannye jelas, buat nertibin sepeda motor yang berhenti di lampu merah. jadi bisa meminimalisir resiko kecelakaan akibat dari penyerobotan jalan di masing-masing per4an. kaya yang udeh kite tahu, waktu lampu merah nyala, gak sedikit bikers yang malah berhenti di depan zebra cross.

Perilaku ngebahayain ini nih yang coba diturunin lewat RHK. Pertanyaannye sekarang, ape udah efektif keberadaan RHK buat pengguna sepeda motor? Sesuai fungsinye, aplikasi RHK udah sangat tepat, tapi justru masyarakat yang kurang peduli ame fitur keselamatan ini.
Dengan RHK pengendara bisa lebih tertib saat berhenti di perempatan.
“Dari tujuan pembuatannye aje jelas bermanfaat, karena kite tahu di per4an lampu merah banyak kendaraan yang maju sampe jauh ke depan waktu lampu merah, jadi nimbulin kemacetan, terutama sepeda motor,“.

tapi, manfaat ntuh sendiri dikembali'in ke pengguna jalan yang bersangkutan. “Adanye fasilitas ini ga bakal jadi solusi kalo pemakai jalan tetep gak ngindahin. Belum lagi kadang ada mobil yang ikut-ikutan berhenti di RHK,“.
emang, udah seharusnye balik lagi ama kesadaran masyarakat sebagei pengguna jalan. balik ama kite, ape tetep gak mao tahu sama nerobos RHK? ape berlaku pinter dan matuhin aturan demi keselametan.

Dan tentunye jadi tanggung jawab buat kite semua buat ikut sosialisasi'in fitur keselametan berkendara ini. Yuk, manfaatin RHK sebageimane mestinye!!!

0 komentar:

Post a Comment